Office:Jl.Raharja No.9 Pondok Pinang Jakarta Selatan Kode Pos 12310
  • Mobile : 0812 88328 234 Sms/Wa : 0815 10789 234 0878 85857 234

Ads ditawarkan

Minggu, 26 Maret 2017

LEGENDA BUAH GOJI BERI

LEGENDA BUAH GOJI  BERI 

gambar buah goji beri
Buah Goji Beri


Buah Goji ( Gou Ji atau Wolfberry China ) dapat digunakan untuk kesehatan dan merawat tubuh yang lemah, memperbaiki penglihatan, dan memperpanjang usia. 

The man who lived for more than 250 years

Li Ching-Yuen, master of martial arts
Li Ching-Yuen, master of martial arts

The Chinese man, Li Ching-Yuen, master of martial arts, tactical advisor to the Imperial army and herbalist. Sumber : http://www.gojiberrymagic.com/erd.html

Ada banyak legenda yang berhubungan kesehatan dengan buah Goji. Seorang dokter Tiongkok terkenal, Li Shizhen (1518 - 1593) yang hidup pada masa Dinasti Ming (1368-1644 M), telah menyusun Great Compendium of Herbs ( Ringkasan Besar Ramuan Obat ), yang menyatakan, "Toko obat herbal Bao Shou mencatat adanya obat mujarab  kesehatan yang memperpanjang usia.





Seorang pria aneh bertelanjang kaki bernama Zhang mengirimkan formula ramuan ini kepada seorang pria tua di Daerah Yi shi, yang kemudian mengikuti resep tersebut dan hidup lebih dari seratus tahun. Si pria tua itu bisa berjalan sangat cepat seolah-olah ia sedang melayang. Rambut ubannya berubah hitam kembali. Gigi tuanya telah tergantikan oleh gigi baru. Dia sangat jantan di tempat tidur. Ramuan tersebut lembut dan bisa sering dipakai untuk menghilangkan panas yang berlebihan di dalam tubuh, dan juga akan memperbaiki penglihatan dan kesehatan tubuh."

Buah Goji manis dan menyegarkan. Goji baik untuk memelihara ginjal dan hati, bermanfaat bagi paru-paru, dan memperbaiki penglihatan. Pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan buah Goji untuk menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan hati, ginjal dan impotensi, otot sakit pada pinggang dan lutut, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, kelebihan air mata, kelelahan, batuk, haus, dan mani encer.

Sebuah cerita kuno menyebutkan bahwa dalam masa kejayaan Dinasti Tang (618-907 M), serombongan pengembara Jalur Sutra berhenti untuk beristirahat di sebuah penginapan dan melihat seorang wanita muda mengomeli dan mencambuk seorang lelaki tua. Seorang pedagang mendekati mereka dan bertanya kepada wanita muda itu, "Kenapa anda memukul dan menganiaya orang tua ini?" Wanita itu menjawab, "Saya mendisiplinkan cicit saya. Ini bukan urusan anda." Semua orang di tempat kejadian itu terkejut oleh jawabannya.

Legenda Buah Goji
Legenda Buah Goji


Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa wanita itu berusia lebih dari tiga ratus tahun! Orang tua itu sedang dihukum karena ia menolak untuk minum ramuan obat dan mulai tua. Tercengang melihat keajaiban ramuan itu, pedagang itu membungkuk kepada wanita tersebut dengan hormat dan bertanya, "Maafkan saya begitu berani bertanya kepada nyonya, jenis ramuan ajaib apakah gerangan yang Anda minum?" Wanita itu menjawab, "Tanaman ini memiliki lima nama. Anda bisa mengambil bagian yang berbeda dari ramuan tersebut setiap musim.

KHASIAT BUAH GOJI BERRY

Goji berry merupakan salah satu buah yang termasuk dalam kategori super food atau makanan  kesehatan super. Pasalnya, buah asal China ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jenis berry ini juga mengandung kadar antioksidan yang tinggi.  simak manfaat kesehatan dari goji berry, seperti dilansir Boldsky.
1. Kaya vitamin C
Goji berry memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibanding jeruk. Dengan mengonsumsi goji berry, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari lho.
2. Asam amino
Para vegetarian seringkali tidak dapat memenuhi kebutuhan protein mereka setiap hari. Maka dari itu, Anda butuh buah goji berry karena mengandung 18 asam amino yang berbeda.
3. Melawan keriput
Inilah rahasia cantik wanita China. Perawatan kecantikan kuno di China memanfaatkan buah ini untuk maskert wajah yang kaya antioksidan.
4. Asam lemak omega-6
Asam lemak omega-6 sama baiknya dengan asam lemak omega-3. Goji berry mengandung banyak asam lemak omega-6 yang membawa kolesterol baik ke dalam tubuh.
5. Vitamin E
Vitamin E biasanya terkandung dalam kacang-kacangan dan minyak esensial. Namun, goji berry mungkin satu-satunya buah di planet ini yang mengandung vitamin E.
6. Mineral
Goji berry juga mengandung beberapa mineral langka. Sebut saja seng dan selenium. Selenium tidak dapat ditemukan di sembarang makanan. Jenis mineral ini sangatlah langka.
7. Anti-infeksi
Goji berry memiliki dua sifat penting yakni anti-bakteri dan anti-jamur. Oleh karenanya, buah ini dapat memberi perlindungan terhadap infeksi.
8. Karoten
Ternyata, goji berry memiliki lebih banyak kandungan beta-karoten daripada wortel. Senyawa ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.


Pada musim semi anda ambil daunnya, yang dikenal sebagai inti sari dari ramuan surga. Pada musim panas anda ambil bunganya, yang dikenal sebagai ramuan panjang umur. Pada musim gugur anda ambil buahnya, yang dikenal sebagai Gou ji. Di musim dingin anda ambil kulit akarnya, yang dikenal sebagai kulit dan tulang di bumi, atau tongkat para dewa. Dengan mengambil empat bagian dalam empat musim berturut-turut, akan memberi anda kehidupan semulia langit dan bumi."

Buah Goji kemudian diperkenalkan ke Timur Tengah dan negara-negara Barat dan memujinya sebagai tanaman surgawi dari Timur.

Ada dukungan modern bagi buah Goji. Pada tahun lima puluhan, majalah Domestik dan Asing di China memberitakan kisah Li Qingyun di provinsi Sichuan, yang meninggal pada usia 250 tahun 1930.
Pada bagian ceritanya, Li mengatakan, "Ketika saya berumur 139 tahun, dan sebelum saya menemui guru saya, saya masih bisa berjalan dan melakukan perjalanan jauh, seolah-olah saya berlatih seni bela diri China. Hasilnya, beberapa orang menyangka saya mungkin seorang dewa atau pendekar pedang yang ulung.

Pada saat itu saya merasa itu benar-benar menyenangkan. Saya pikir alasan bahwa saya bisa hidup selama ini dan saya masih selalu sehat adalah karena tidak ada yang membuat saya kesal sejak masih 40 tahun. Karena itu, hati saya sangat tenang, damai dan bathin tentram. Itu sebabnya saya bebas dari penyakit apa pun, dan selalu sehat dan bahagia. Pada usia lima puluh saat saya pergi di gunung untuk mengumpulkan tanaman obat, saya bertemu seorang pria tua yang hidup di pegunungan terpencil, yang tampaknya agak supernormal. Dia mengambil langkah panjang ketika berjalan, seolah-olah ia sedang melayang di udara. Tak peduli seberapa keras saya mencoba, saya tidak bisa mengikutinya.

Kemudian, saya bertemu dengan dia lagi. Saya berlutut di hadapannya dan memohon diberitahu rahasianya. Dia memberi saya buah-buahan liar dan berkata, "Satu-satunya rahasia adalah karena saya makan buah-buahan ini." Saya mengambil buah-buahan itu, dan menemukan bahwa itu buah Goji. Sejak itu saya mengkonsumsi tiga Qian buah Goji (satuan Qian adalah berat yang digunakan untuk menakar obat-obatan Tiongkok yang setara dengan lima gram). Sejak saat itu saya menjadi sehat dan lincah. saya bisa berjalan seratus li (satu li sama dengan setengah kilometer) dan tidak merasa lelah. saya menjadi lebih baik dalam kekuatan dan stamina dibanding rata-rata orang."
Sumber : https://kebajikandalamkehidupan.blogspot.co.id/2011/04/legenda-buah-goji.html

0 komentar:

Posting Komentar